Ada begitu banyak blog di dunia maya yang jumlahnya mungkin sudah tidak terhitung dan akan terus bertambah setiap harinya karena biarpun sudah bertahun – tahun launchingnya lewat, masih banyak orang yang terus belajar dan menggunakan media yang satu ini untuk berbagai tujuannya masing- masing.Ada beberapa blog yang sangat terkenal dan menjadi acuan para blogger baik dalam maupun luar negeri misalnya Entrepreneurs-journey.com dan Problogger.net tetapi banyak pula yang umur blognya tidak lebih dari satu minggu.
Kenapa bisa demikian, padahal semua blog selalu mulai dari nol , kecil dan tanpa pembaca.
Ada banyak alasan kenapa beberapa blog menjadi sangat terkenal sedangkan yang lainnya tidak.
Kembali lagi kepada blog, sebenarnya bukan blognya yang mau terkenal, atau mendapat banyak pembaca, subscriber ataupun komentar, tetapi bloggernya.
Bloggernya yang ingin agar blognya berkembang besar dan terkenal.
Ngomong – ngomong soal blogger, kalau kita perhatikan siapa yang tidak kenal blogger Yaro Starak , Daren Rowse atau Chris Brogan.
Tetapi saya rasa mereka lebih pantas disebut Internet marketer dari pada blogger, karena kerjaan mereka adalah menjual atau memasarkan pengetahuan mereka atau apa saja yang bisa anda dapatkan mereka dan blog/blogger cuma merupakan sebuah sarana saja.
Saya rasa ,sebagai marketer orang – orang ini pasti sudah tahu seberapa besar pasar internet yang tersedia bagi mereka.
Berdasarkan kemampuan dan pengalaman yang mereka miliki , mereka pasti bisa meramalkan seberapa besar pasar ini akan berkembang , siapa saja kompetitornya ,segala seluk beluknya dan tentu saja yang terpenting dari semua itu mereka pasti tahu dan sadar ingin berada di mana dalam pasar tersebut.
Biasanya orang – orang yang kita anggap sukses dalam sesuatu hal, pastinya orang- orang tersebut setidaknya mempunyai tujuan untuk mencapai apa yang kita anggap sukses tersebut dan pastinya punya rencana baik jangka pendek maupun panjang.
Dan orang – orang sekaliber Yaro dan Daren pasti sudah tahu akan berada dimana dan dalam posisi seperti apa dalam pasar yang telah mereka bidik.
Mereka juga pasti menyusun rencana untuk mencapai posisi mereka saat ini .
Mereka tahu kapan momentum yang tepat untuk perkembangan media yang mereka pakai, tahu dan mampu memanfaatkan alat – alat atau media yang bisa membuat mereka semakin terkenal.
Dan yang terpenting dari sebuah marketing dan penjualan adalah mereka mampu membangun dan mengendali jaringan ( penggemar dan pembaca setia sekaligus partner - partnernya ) pasar mereka.Serta membentuk sebuah sidikat kerjasama sesama marketer.
Yang pasti kerja mereka pasti terstruktur dan rapi , tidak asal blogging.
Saat ini mereka adalah pemimpin di dunia internet marketing khususnya dengan media blog , dan sepertinya mereka memberi pengaruh begitu besar terhadap arah tema dan topik dunia blogging karena banyak blogger yang mengikuti ( mencontoh ) mereka.
Mereka telah mengendalikan pasar yang begitu besar dengan sebuah blog yang tentu saja dibangun dari nol.
Lalu dimana blog ini ya ?
Anda sendiri sudah sampai dimana?
No comments:
Post a Comment
thx